Day 15 : Nude Lipstick untuk Kulit Sawo Matang

by - Mei 20, 2019

Dulu, waktu saya masih gelar lapak lipen setip di Arabella, saya sering dapat order lipstik warna-warna nude dari cecewe nusantara, pangsanya ketebak : dedek-dedek abege yang pengin pake listip dengan riasan pucat ala ala make up no make up, atau ibu-ibu yang baru mulai dandan tapi nggak mau keliatan dandan, lah piye seh buu

Jangan salaahh, yang dipesan itu nggak melulu lipstik merek luar seperti Wet n Wild - Bare it All, yang pas dioles ke bibir saya, really really barelips alias langsung kaya orang sakit. Tapi kebanyakan orang sini suka juga dengan lipstik lokal, salah satunya Wardah Lipcream. Saat trend lip cream lagi rame-ramenya, Wardah termasuk yang cepet ngeluarin produk yang lagi digandrungi pasar. Nggak tanggung cuman 10, tapi 18 varian warna yang gemesin! Swatch bolak-balik!

Salah satu warna yang paling banyak dipesan saat itu adalah No 03 - See You Latte dan No 11 - Oh So Nude. Waktu di pasaran dan dept.store belum banyak tersedia, di lapak-lapak online udah heboh banget, saking larisnya sampe sering kehabisan stok tapi mereka rela nunggu PO. 

Pikir-pikir, kenapa orang Indonesia dengan tipikal kulit sawo matang sukanya lipen warna nude. Bukankah itu jadi bikin muka nampak pucat/washed out alias belel?

Ternyata, memang agak tricky khusus untuk kulit sawo matang ini. Jauh lebih baik kalo ada pre-care sebelumnya untuk bibir biar nggak pecah-pecah atau kering supaya jatuhnya nggak membosankan. Coba lihat lipswatch beautygram, Lippielust, di bawah ini... 




Yaakk, berhubung bibir kita tidak sepenuh dan semulus mbak Risa di atas, maka perlu ada tips-tips khusus biar wajah kita nggak jadi washed out pas pake lipstik nude. 

1. Pilih sesuai warna kulit. 
Untuk kulit sawo matang, yang pertama jangan pilih lipstik warna terang, karena udah pasti bakal terlihat pucat. Usahakan pake lipstik yang berwarna satu tingkat lebih gelap dari warna kulit, seperti peach, mix dengan lipgloss supaya nggak kusam. 

Sedangkan untuk kulit gelap. Hehe, ini gue nih...gelap cenderung coklat, tan, cappuccino apalah namanya :)) inibisa pake lipstik nude yang lebih gelap daripada warna kulit, semacam choco atau yang semi orange biar lebih natural. Sejujurnya saya juga belum pede pake warna coklat gini, takutnya malah terlihat antagonis.

2. Pakai lipbalm dulu 
Penting ini, supaya lipstik nude yang dioles setelahnya nggak terkesan kusam. Lipbalm juga menjaga kelembaban bibir sehingga terlihat lebih mulus dibanding langsung mengaplikasikan lipstik 

3. Pilih yang creamy 
Untuk warna nude, saya kira tekstur lipcream lebih enak daripada yang matte. Ini terbukti pas membandingkan Wardah lipcream dengan Wen n Wild Megalast, lebih pucat dan bibir terlihat kering saat pake WW. 

4. Padankan dengan riasan muka yang cocok
Kasih blush on warna peach atau pink supaya wajah terlihat segar, jauh dari kusam.

5. Pertegas riasan mata 
Hahaha, ini juga yaa...untuk membedakan bahwa kita memang lagi make up-an dan kita lagi males dandan adalah riasan di bagian wajah yang lain. 

Gitu deehh, kurang lebih tips berdasarkan pengalaman pake lipstik nude. Tapi seriusan deh, di umur 30+ gini, kayanya kita emang udah kudu rada pulas-poles dikit biar wajah nggak kusam banget. Nggak perlu menor atau tebal dan lengkap, mau ala-ala no make up juga gak apa-apa, pokoknya jangan sampe kita dikira embak-nya anak-anak dibanding ibunya, hahahaha. 

You May Also Like

2 komentar

  1. Yuhuuuuu, lipstik favoritku disebut-sebut di sini. Aku suka banget pakai varian lipstik Wardah yang "oh so nude". Walaupun pecinta lipstik nude tapi aku bukan "ibu-ibu yang baru mulai dandan tapi gak mau kelihatan dandan" lho, melainkan ibu-ibu yang pengen kelihatan unyu bagai anak gadis yang syantik. Hehehe.😂

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen