Day 11 : Bikin Ketupat pakai Presto, Yuk!

by - Mei 16, 2019

Lebaran sebentar lagiii.... 
Dua mingguan lagi siih, tapi bau opor ayam udah menyeruak di hidung, nih. 

Apa coba temannya opor? Hyuuk, tak lain dan tak bukan adalah ketupat, si beras segi empat yang legendaris. Beberapa daerah ada juga yang prefer lontong atau buras, apapun bentuknya, sama-sama disajikan di piring makan sebagai karbo pelengkap lauk pauk sedap khas lebaran. 

Di era serba instan ini, jangan heran kalo ketupat pun ada yang instan. Banyak tersedia di supermarket, aneka merek. Tinggal rebus sama plastik-plastiknya, cukup 60-90 menit, tadaaaa....ketupat siap santap di meja makan. Buat yang rantau-rantau, cocok nih pakai cara ini demi melepas rindu suasana lebaran. Masak sendiri, makan sendiri, nggak pake ribet. 

Nah, jika tetap ingin punya ketupat yang dibungkus daun, biar ada aroma-aroma daun kelapanya gitu, cara lain untuk masak yang cepat dan enak adalah dengan pakai panci presto! 

Yesss...presto menyelamatkan dapurku. 

Nggak ada yang beda dari cara membuat ketupat seperti biasanya, hanya saja cara merebusnya pakai panci presto sehingga durasi yang dibutuhkan lebih singkat. 

Picture from freepik.com

Bahan-bahan:
Kulit ketupat 
Beras secukupnya (cuci bersih) 
Daun salam
Daun pandan   

Cara membuat:
1. Tiriskan beras yang sudah dicuci bersih
2. Masukkan beras ke dalam kulit ketupat sampai 3/4 penuh
3. Ikat ketupat sesuai jumlah yang ada 
4. Masukan ke dalam panci presto 
5. Tuang air sampai seluruh ketupat terendam, tambahkan daun salam dan daun pandan
6. Tutup presto rapat, rebus dengan api sedang 
7. Saat presto mulai bunyi, kecilkan api, masak sampai 20-30 menit 
8. Matikan api, diamkan presto sampai suhunya turun/dingin
9. Ambil ketupat lalu gantung agar airnya turun 

Selain ketupat, cara ini juga berlaku untuk membuat lontong. Pokoknya bisa hemat waktu dan hemat gas lebih banyak, deh. 

Dengan cara ini, kita bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menggarap hidangan lebaran lain yang juga butuh waktu lama kaya rendang, opor, gulai, dll. Jadi nggak kelamaan di dapur nguyek satu masakan aja. Efektif dan efisien banget pokoknya.  

Eh iya, presto sekarang juga tersedia banyak pilihannya. Ada Maxim, Happycall, Maspion, Vicenza, Oxone, harganya juga variatif dan terjangkau. Pilih yang reasonable aja deh dengan kapasitas yang sering digunakan.   

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen