Persiapan Pergi Sama Bayi

4 komentar
Pergi sama bayi, ternyata nggak selalu bikin ribet. Malah seneng-seneng aja karena kitanya lebih tenang nggak kepikiran terus anak yang ditinggal di rumah. Tapi tentunya ada beberapa persiapan pergi sama bayi yang harus dilengkapi.

Kebetulan Arraf anteng kalo diajak jalan, mungkin kebiasaan dari dalem perut sering pp Jakarta - Bandung, jadi goncangan mobil serasa lullaby buat dia :D

Araf udah dibawa keluar rumah dari umur 4hr buat imunisasi dan cek bilirubin ke RS. Selanjutnya hari ke 8, 12, 17, trus 31hr.. Nggak ngerti sama aturan jaman dulu kenapa bayi baru boleh dibawa keluar setelah lewat 3bulan, apa maksudnya bener-bener nggak keluar rumah sama sekali atau maksudnya keluar main...syukurlah keluarga saya nggak ada yang strict soal yang ini.

Saya sendiri penganut 'bayi harus diajak maen' haha, ya berusaha 'memanusiakan' bayi ajalah, kalo seharian selama berbulan-bulan diem di kamar di rumah terus apa nggak bosen? dibawa jalan keliling gang sambil dijemur aja anaknya seneng banget, badannya nggak mo diem, kepalanya muter sana muter sini liat-liat sekeliling. Sekalian ya buat dilatih imun-nya juga, asal jangan kebablasan aja ortunya lupa diri pergi pagi pulang malem. 

Jalan-jalan perdana Arraf yang bukan cuma buat kontrol ke RS trus balik ke rumah lagi, waktu umurnya 31hr, ke Istana Plaza buat makan siang terus ke Paris Van Java buat grocery sambil window shopping. 

Kali kedua cuma saya sama Araf jalan ke bank trus ke Lavie lanjut belanja makanan. Ketiga kalinya Araf ikut ibu nongkrong di cafe. 

Keempat kalinya beli liquid talc ke Mothercare sambil window shopping. 3x sukses jalan cuma berdua aja :)

bawa bayi ke mal
jalan-jalan ke PVJ

Kenapa ke mal? untuk sementara ini relatif lebih nyaman aja karena gak terlalu crowded, toilet bersih trus ada nursery room buat ganti popok atau menyusui. Berniat sih pergi dengan bayi ke tempat outdoor kaya taman bermain atau semacamnya tapi nantilah kalo anaknya udah gedean udah ngerti maen juga. 

Perlengkapan Pergi Dengan Bayi 

Diaper Bag 


diaper bag, mothercare

Isi Diaper Bag


Isi diaper bag ini: selimut, baju ganti, kaos kaki, toilettries (tisu basah, kapas bulat, toilet paper), hand sanitizer spray, warming oil, betadine, tisu kering, baby cream, baby cologne, disposable diaper 4 biji, pacifier, handphone, dompet, lipstik, nursing apron. Di sisi-sisinya, bagian yang ada lapisan alumuniumnya biasanya diisi botol asi kalo nggak susu ultra atau sari kacang ijo buat ibu. 

Perlengkapan ini semuanya saya pack dalam satu zipper plastik biar gak berceceran, untung pernah dapet paket Pigeon kemasan sample yang botolnya kecil-kecil, jadi buat mobile saya bawa kemasan ini sebagai versi mini kemasan besar yang dirumah kalopun nanti habis, tinggal refill aja.
kosmetik bayi

Apron Menyusui


Dan ini kain penyelamat dalam berbagai situasi: menyusui di tempat umum dan jadi alas ganti popok kalo mesti ganti di tempat yang gak baby-friendly. Dapet gratisan hadiah dari majalah Mother n Baby :D 

nursing apron, apron menyusui

Gendongan


Kain yang ini juga really helpful! karena Sleepy Wrap inilah saya berani keluar rumah berdua Araf. Bayi lebih ter-cover dari kuman dan debu, lebih nyaman tidur sampe kaya dihipnotis, punggung kesangga sama stretchy-nya kain jadi tetep ngikutin struktur tubuh bayi, beban terdistribusi rata di badan ibu, and the baby feels like in womb! 
babywrap

Selain jalan-jalan beneran, Arraf juga sering jalan keliling kompleks kalo sore habis mandi, tapi baru juga satu puteran udah bobo duluan... 
gak pernah sukses pulang kerumah masih melek

4 komentar

  1. ih mamaku tu yg masih strict soal bayi ga bole dibawa kluar.jangankan zayyan,aku aja ga dibolehin kok dl.pdhl cm mau ke baby shop di ujung jalan.hadeehh,drpd bingung,pagi2 langsung dandan rapi n kluar lgsg pamit."aku kluar",lgsg masuk mobil.ga sempet dilarang d :D

    BalasHapus
  2. sama banget ky aku bunda rela ini! di umur Efra yang 1 bulan 3 minggu ini, dari mulai brojol, seminggu sekali dia pasti keluar buat jalan2, kadang2 seminggu bisa 2 kali di jalan2 alias ngemall.. hehehe..

    BalasHapus
  3. @diananne
    eh, Efra sama Araf gak jauh beda ya umurnya..iyaaa bener, kmn aja kek mo jauh ato deket bayi juga harus lihat dunia, hehehe

    @mb tifa
    aaa..aku bs mati bosen klo dilarang2.. :))

    BalasHapus
  4. rel, baby wrapnya yang sleepy ya?? lo beli dimana rel??? tq

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^