Review Belanja Perlengkapan Bayi

Belanja perlengkapan bayi memang menyenangkan. Mumpung masih cuti prenatal nih bisa produktif nulis review babyshopping, toko-toko buat belanja perlengkapan bayi yang recommended. Kalo udah partum gak yakin punya waktu banyak buat nulis-nulis.

Kesimpulannya saya mau tulis di depan; dari pengalaman belanja selama ini, harga Jkt sama Bdg cukup jomplang perbedaannya, terutama buat produk-produk impor (ya rantai distribusinya tentu lebih dekat dan duluan ke Jkt makanya bisa jauh lebih murah). Makanya kalo belanja di Jkt, diutamakan perlengkapan hardware kaya stroller, breastpump, baby bath tub atau botol susu karena harganya bisa beda 200-300rb daripada di Bdg.

Kalo buat baju standar lah, jadi saya gak gitu bikin perbandingan soal ini. Yang pasti sih, baju itu lebih murah beli lusinan, karena jatoh per pcsnya beda 2-3rb dibanding beli satuan, apalagi kalo belinya di Tn Abang atau Ps Baru, yang tanpa merek-merek gitu. Cuma berhubung emak satu ini maunya matching-matchingan dan gak suka baju yang sama terus menerus, jadi belinya cuma baju-baju yang disuka aja satu-satu.

Yuk, cek TKP Tempat Belanja Perlengkapan Bayi: 


1. Lavie Baby House; Jl. Imam Bonjol, Bandung

Toko ini beken banget lah buat barang-barang bayi, letaknya strategis di belakang RS Borromeous, di sebrang tempat makan Imam Bonjol yang terkenal itu, jadi location-friendly banget buat dicari. Isinya lengkap banget, tematik gitu..jadi ruangan sebelah kanan khusus buat baju-baju, kosmetik dan perlengkapan bayi, ruangan sebelah kiri khusus mainan, stroller, tempat tidur, dsb. 

Kalo liat penampakannya sih, emang berantakan banget disini. Mungkin karena kebanyakan barang ya, tapi kalo soal harga memang lumayan miring bahkan dibanding olshop. Contohnya perlak karet yang warnanya bolak-balik biru-pink itu, di olshop dijual 50-55rb, disini cuma 45rb. Belanja beberapa baju di Lavie, nursing bra, maternity pants dan beberapa jumper merek Carter n Gerber harga standar 40-50ribuan. Eh iya, koleksi jumpernya lumayan banyak, lucu-lucu dan segala merek. Tapi wiggle Carter nya 80rb ajaa, paling mahal diantara semua. Merek Banana juga banyak dijual disini, cuma gak kuat lah kalo beli jumper doang mesti rogoh kocek 150rb :D 

2. Mivi Babyshop; Jl. Eyckman, Bandung

Mivi ini gak jauh beda sama Lavie isinya, cuma penataan barangnya lebih rapi dan enak dipandang. Harganya juga 11-12 lah. Stok diaper bagnya banyak juga yang merek impor, tumben soalnya di toko lain jarang. Dede beli baju-bajunya disini,koleksi Nova-nya cukup banyak dan ada juga dijual clodi merek Bumgenious sama Grovia, sekitar 250rb-an kalo gak salah. 

Tapi kalo harga botol susu, emm..gak lah yah. Botol susu Dr.Browns yang 2x60ml disini dijual 145rb, TommeTippee 65rb. Walaupun koleksinya cukup lengkap sih, ada botol merek apa tuh yang stainless itu dan yang eco-eco apa gitu, tapi buat ibu-ibu mah, beda 15-20rb di toko lain ya matters banget lah ya. 

3. Yen's Babyshop; Jl. Setiabudi, Bandung

Yen's ini tokonya gede banget dan ada beberapa lantai tematik. Enak sih kayanya kalo mo nyari-nyari barang, tinggal ke lantai yang dituju. IMO, harganya mahalan dibanding dua toko di atas. Breastpump Avent Manual disini dijual 750rb yang BPA-Free, botol susu, bath tub nya juga lebih mahal. 

Keliatannya sih emang lengkap banget, ada baju bayi, balita sampe anak-anak. Mainan juga satu lantai puas deh milihinnya, tapi gak tau kenapa gak ada yang kepilih sama sekali buat saya. Perlak karet harganya disini juga 45rb-an merek Super Baby. Tapi waktu itu saya nyari wiggle 5 in 1-nya Carter sama sekali gak ada :( Adanya merek Disney, GAP, itupun cuma satu-dua digantung-gantung aja, gak banyak koleksinya. Nyari baju merek Nova juga kelengkapannya gak kaya di toko lain, malah banyakan merek lain yang lebih mahal. 

Buat saya, Yen's dicoret aja deh buat toko langganan. 


4. Yolie Babyshop; Bandung Trade Center, Bandung

Yolie ini segroup sama Lavie, jadi harganya pasti sama daaann...penampakannya juga sama, berantakan!! Bahkan lebih berantakan lagi daripada Lavie karena space-nya yang lebih kecil. Padahal koleksinya lengkap sih, sepatu banyak, jumpernya banyak, lucu-lucu, harganya juga muraaah banget, cuma bingung aja nyari barangnya saking berantakan, hehe. Mau nanya-nanya juga mbak-nya gak tau ada dimana, pada sembunyi. Aneh, kenapa gak ada mbak-mbak yang ngeberesin gitu, secara ada celana pop nyangkut di lemari botol, duh...


Di sini belanja kosmetik Zwitsal satu set (yang kantong bunder), isinya baby bath, baby lotion, baby powder, baby shampoo + tambahan minyak telon dan baby hair lotion yang kemiri. Semuanya 41rb++. Trus beli kimono mandi Carter yang gambar telapak kaki doggie gitu, lucu..56rb, dan (efek kalap sih) beli jumper tangan panjang+celana+rompi Carter juga 77rb. 

Oh ya, disini perlaknya lebih murah cuma 40rb. Bengkung atau setagen buat ibu 37rb, samping kain buat habis melahirkan 31rb. Kayanya sih, cukup recommended lah kalo mau belanja disini, tapi kalo belanja ngedadak aja kaya mo beli jumper satuan atau beli pampers atau apalah. 

5. Baby Hyperstore; Bandung Trade Center, Bandung

Tetanggaan sama Yolie, cuma kehalang beberapa toko. Letaknya di pojokan, deket Aromatherapy spa, deket tangga naik ke atas. Lumayan gede dan luas sih, dan barang-barangnya juga lumayan lengkap, kalo babyshop Bdg lain perlengkapan hardware-nya kurang lengkap, disini lumayan kok stoknya. Baru liat penampakan asli si Panasonic Dish Dryer itu dan ternyata gede banget, harganya 685-an, lebih mahal sedikit daripada Jkt tapi worth to buy secara bedanya masih dibawah 100rb. Slow cooker Takahi, botol susu juga disini masih reasonable price-nya.

Baju-baju, hmm..disini ada merek Ikago atau Ichigo gitu, yang lebih mahal dari Nova tapi kualitas bahannya lebih bagus juga. Asyiknya, koleksi Carter disini banyaaakk...dari mulai jumper wiggle, selimut sama jumper panjang. Harga jumper wiggle 5 in 1 itu cuma 63rb, sementara di babyshop lain 75rb. Ahh..syenangnyaaa... :D 

Lengkap dan murah, dua aja testimoni buat toko ini. Credit minus buat para penjaga tokonya yang jutek abiss, bergerak kemana-mana diikutin, pas mau moto jumper buat diliatin ke si ayah, si mbaknya ngelarang bahkan ampir diambil hp nya. Cih, jutek amat kaya gue mo ngrampok ajah.. :(

6. Jungle Babyshop, ITC Kuningan Lt 2, Jakarta

Jungle ini terkenal banget deh di deretan toko-toko yang ada di ITCK. Emang bener sih lebih murah, disini botol Tommee Tippee cuma 50rb, Dr Browns 2x60ml 110rb, sendok Boon Squirt 120rb sementara di toko lain 130rb. Gelas sloki Medela juga dijual cuma 13rb, di Olshop 14rb. Munchkin Duck Tub disini 80rb tapi gak beli, waktu itu cuma beli botol susu, penjepit botol sama celana sapi efek gemes aja sih,hehe. Penjaga tokonya juga helpful dan mau ditanya-tanya ini itu kegunaannya apa. Mau beli jumper tapi disini banyakan merek GAP yang gede-gede. 

7. Ocha Babyshop, ITC Kuningan, Jakarta

Ocha juga terkenal di kalangan ibu-ibu jakarta buat belanja barang bayi. Emang sih, lengkap gitu dan harganyapun miring, disini juga jual bantal bayi yang terbuat dari lateks, harganya 120-an tapi gak beli, prefer dede gak usah pake bantal aja. Disini saya cuma belanja breastpump Avent 485rb sama jumper Carter warna orange 50rb. Gak banyak-banyak, soalnya keperluan lain sebagian udah kebeli. 

Minusnya disini semuanya jutek beraattt..bahkan si cici-kokonya udah kaya ibu tiri aja kalo marahin karyawan2nya. Dibentak-bentak, dimarahin, dibego-begoinlah..bikin gak nyaman yang beli. Cicinya sih kalo ke pengunjung gak ikutan jutek, tapi jadinya si mbaknya yang jutek ke kita..males lah mo lama-lama diem disini.

8. Baby's Palace, ITC Kuningan, Jakarta

Err..sebenernya sih disini gak belanja apa-apa, tapi pernah sempet mampir dan nanya-nanya. Tokonya gede, seberang-seberangan, dipisah antara baju-baju bayi sama barang-barang kaya mainan atau deretan stroller. Koleksi stroller sama carseatnya juga cukup lengkap. Saya tebak sih disini juga lumayan miring ya harganya pas nanya-nanya. Dia juga punya toko online istanabayi.com tapi harga onlinenya gak tau kenapa suka jauh lebih mahal dari yang lain misalnya Carter's Just One Year Changing Table Organizer disini harganya 198rb padahal di yang lain gak semahal itu. Yang bikin agak males sih penjaga toko cewenya jutek gila. Kenapa ya yang di ITCK ini rata-rata jutek semua.. *wondering* 

9. Joy Babyshop, ITC Kuningan, Jakarta

Ini sih sebenernya pas kebeneran mampir aja, tokonya kecil dan gak selengkap babyshop lainnya di ITCK. Tapi harganya menurut saya lumayan murmer, soalnya beli Carter's Changing Table Organizer cuma 110rb aja disini, harga botol Tommee Tippee juga sama kaya Jungle 50rb. Munchkin Duck Tub 75rb aja, washclothes Gerber 20rb isi 10, sama bebek mandi 15rb isi 5 bebek. Mbak-mbaknya juga baik banget, kalo kita gak bawa duit cash dia mau anterin ngambil ke ATM sambil dibawain barang belanjaannya, jadi transaksi dilakukan pas keluar ATM aja. Makanya setiap kali ke ITC selalu mampir kesini, lumayan sih buat nambah-nambah..berhubung tokonya gak terlalu hectic ya bisa sambil duduk-duduk numpang istirahat :D 

10. Pasar Baru Trade Center, Bandung

Naahh...gak salah emang kalo orang tua suka pada nyuruh belanja di Ps Baru aja daripada ke babyshop karena emang harganya jauuuuh lebih murah disini. Pelajaran yang saya ambil pas belanja disini adalah kalo beli lusinan, harganya bakal bikin shock dibanding satuan di babyshop. Ambil contoh baju kutung mereka jual selusin 96rb, yang artinya per pcs nya kena 8rb aja (bandingkan di babyshop satuannya 10-11rb). Contoh lain adalah kain buat bedong, kalo jait sendiri bisa dibikin 10 biji bedong dengan ukuran yang lebih besar daripada di pasaran. 

Cuman, yah..namanya juga pasar baru ya kudu sabar nyari, sabar keliling dari satu toko ke toko lain..terus kan disini baju-bajunya gak bermerek atau adanya merek gak jelas gitu..disini juga masih dijual baju bayi dari katun yang oh, berasa jadul banget. Koleksi selimut, jumper atau sweater emang gak gitu bagus dan lucu-lucu kaya di babyshop sih. Tapi kalo kita udah tau merek, bisa disebut maunya merek apa. Jumper Velvet 20rb disini, setara sama jumper-jumper merek lain juga. Gak jauh bedalah sama belanja di ITCK, cuman ITCK lebih berkelas dan koleksinya juga bagus-bagus. 

Tapi kalo urusan nyari kain batik buat lahiran, disini juara deh. Berhubung waktu itu belanjanya sama ibu mertua yang jago nawar, kain samping harga 25rb pun bisa jatoh ke harga 20rb (padahal ada juga samping yang 20rb-an). Beli 2 samping sama 1 kain sarung cuma 65rb aja. Sedangkan kalo di babyshop yang saya liat ada jual samping kaya Yolie dan Happy Babystore, itu satu samping dijual 31rb gak bisa ditawar :D 

Beli gurita ibu juga disini cuma 20rb ajyaa..dan perlak! perlak karet itu harganya cuma 35ribu!! Yosh!

10. Audrey Babyshop, ITC Cempaka Mas, Jakarta

Beneran deh, Audrey ini paling ngetop sejagad ibu-ibu baik di Jkt maupun di Bdg. Beken karena harganya yang bisa banting-bantingan sama toko lain. Ibu-ibu kantor pada bolak-balik ke toko ini setiap kali mo belanja, saya sih belum pernah..selain ITC Cemas jauh gila dari kostan, mo beli via online-nya juga suka udah keburu males.

Iya, Audrey ini ada toko onlinenya juga audreybabyshop.co.cc, tinggal sms mau barang apa, transfer, barangnya dikirim kerumah gak pake lama. Di webnya keliatannya barang-barangnya gak gitu lengkap sih, padahal kata ibu-ibu semua barang ada disitu dan suka sampe ngantri segala. Iya bener, beberapa kali sms nanya availability breastpump Avent jawabannya selalu stock kosong dari suppliernya, padahal jarak sms pertama sama sms kedua itu ada 2 bulanan. 

Kayanya sih saking laku-nya ya, jadi stocknya sering habis..tapi harusnya cepet juga sih restocknya. Kalo mau rajin pergi ke Cemas, saya recommend deh toko ini buat didatengin. Dan memang, jalur distribusi di Jkt ini dari yang paling murah adalah importir-mangga dua-cempaka mas-itc kuningan. Jadi kalo mau lebih murah lagi, rajin-rajinlah nyambangin Mangga Dua karena disana berlimpah barang-barang bayi dengan harga super duper murah. 

Selain tempat-tempat belanja perlengkapan bayi di Bandung dan Jakarta tersebut, saya juga hunting keras di online-online shop. 

11. Online Babyshops

Susah nyebutin satu-satu mana aja olshop yang dipercaya buat belanja, karena biasanya saya sistem browsing on demand. Nyari barang apa, belinya kemana..jadi gak punya olshop langganan khusus buat belanja-belanja gitu. Pengalaman beli olshop sih, mm..kalo barang-barang bayi ternyata gak terlalu bombastis yah harganya, mungkin karena suppliernya gak banyak atau karena merek-merek barang bayi kalo udah terkenal lebih banyak dicari dan dipercaya sama orang-orang, makannya harganya juga gak bisa banyak turun dari pasaran. 

Biasanya saya belanja di olshop buat nyari barang atau merek tertentu yang gak ada di pasaran. Yang saya belanja di olshop adalah Sleepywrap, wallsticker kamar dede, combi cooler Allerhand sama alas ompol Renata (menyusul mungkin baby GAP pajamas, tapi nanti aja). Selebihnya prefer beli langsung di toko karena pingin megang-megang bahan atau bentuknya. 

Seringnya olshop ini juga jadi ajang buat riset bentuk barang dan harga. Kalo udah ada perbandingan kan pas kita merantau ke toko-toko juga gak hilang arah, bandingin aja mana yang lebih murah. Enak sih belanja online perlengkapan bayi, pilih barang, banding harga, tawar, transfer, barang nyampe tanpa tenaga. As simple as that :)
Next Post Previous Post
9 Comments
  • intan
    intan 11 November 2010 pukul 10.26

    aku.. aku juga penasaran sama panasonic dish dryer..
    dimana ada reviewnya..
    btw fungsinya apa sama kek sterelizer?

  • ReyLia
    ReyLia 23 November 2010 pukul 14.01

    Haluuuww.... review-nya helpful nich... sabtu nanti abis periksa di borromeus mau ke Lavie aaah :P

    btw, emaaang...di Yen's koq mahaal..kemaren cari breast pump medela harmony, 560K, padahal pasaran (OLShop) 365K ajah..weeek...

  • Rella Sha
    Rella Sha 23 November 2010 pukul 14.56

    hihihi, iya Rey...males deh mampir2 Yen's lagi secara masih banyak babyshop yg lebih murah.

    so far, Lavie emg best price :)

  • LavieBaby
    LavieBaby 19 Desember 2010 pukul 14.15

    Hey Moms! :)
    Thanks ya udah blog tentang Lavie and Yolie..
    Blog entry dan comment"nya smuanya seneng deh dengernya..
    Soal mbak" di Yolie nanti dibilangin ya.. Thanks banget loh dikasih tau.. :)
    kalo ada kritik dan saran email ke lavieyolie@yahoo.com ya..
    follow twitter kita juga @LavieBaby yah!
    Mba Sorella nanti DM yah.. :) ada hadiah for blogging =D
    Thanks!

  • Rella Sha
    Rella Sha 20 Desember 2010 pukul 13.20

    yeaayy!! *segera follow dan kirim DM*

  • Unknown
    Unknown 26 Mei 2016 pukul 17.28

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • Indokids
    Indokids 17 September 2018 pukul 14.02

    buat para bunda yang suka belanja dan gamau ribet keluar rumah, bisa juga nih dicek instagram: @indokids.co.id buat promo update dan @indokids.store buat katalog lengkap barang - barang yang dijual atau langsung aja mampir ke store yang tersebar di banyak tempat mulai dari antapani, paskal, dan lainnya. dijamin puas deh belanja di INDOKIDS :)

  • Armita
    Armita 21 April 2019 pukul 17.23

    Aku kadang belanja di Yens atau Borma aja yg dekat. Kalau PasBar gak kuat sama desak-desakan mana bawa perut besar pula

    • Rella Sha
      Rella Sha 23 April 2019 pukul 15.48

      iyaa setuju, teehh... belanja di Yens juga udah cukup :) makasih udah mampir.

Add Comment
comment url