Apa Cuma Saya yang Belum Ternak Blog?

Sepanjang jadi blogger selama 10 tahunan ini, masih banyak yang saya belum lakukan atau belum saya ketahui tentang blog itu secara keseluruhan.
Salah satu (atau salah dua) yang masih pengin saya coba (tapi masih sering maju mundur) adalah:          

Ternak Blog 


Ternak blog adalah suatu kegiatan membuat banyak blog atau turunan dari blog utama, dengan tujuan: 
1. membedakan niche 
2. menambah portfolio untuk mengais cuan

Kenapa Ada Keinginan Untuk Ternak Blog?
Agan pasti sudah tahu tentang beberapa platform yang menyediakan blog gratis sehingga bisa kita buat dan memaksimalkan fungsinya. Ane sebut yang paling familiar saja (Blogger dan Wordpress). Kedua penyedia ini mendukung kreatifitas kita untuk menulis. Nah, keinginan lain tentunya berkaitan dengan rasa jenuh (bosan) dengan satu bahasan saja pada blog (meski bisa diakali dengan membuat blog gado-gado (campuran). Tapi menurut ane, dengan judul yang lebih spesifik, maka akan lebih mempermudah google mengcrawl blog kita. So,,, fokuskan saja pada satu bahasan...toh blognya gratis kok, tinggal buat sebanyak-banyaknya...!!!

Bagaimana Cara Memilih Niche (Bahasan) Yang Sesuai Dan Mudah Diterapkan?
Untuk cara ini setiap blogger mempunyai pemikiran berbeda untuk menganalisis. Memilih niche bisa datang ketika kita sedang mencari salah satu kunci di Google, karena tertarik maka kita bisa membuatnya.

Apa Itu Ternak Blog Dan Bagaimana Caranya?
Istilah ternak blog sering muncul pada kalangan blogger. Yang pada intinya ialah membuat blog dengan jumlah lebih dari satu. Jadi setiap harinya agan akan membuat postingan dengan bahasan berbeda. Jadi dengan begitu agan akan lebih leluasa dalam mengeluarkan inspirasi serta lebih banyak membaca informasi yang tersebar di internet. Selain bisa nulis, kita akan menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita sendiri. 

~ Tips Ternak Blog Ala Newbie ~
#1. Memilih Niche Yang Lebih Spesifik
Yang dimaksud ane ialah memilih pokok bahasan yang lebih tertuju. Seumpama tentang kesehatan, fokuskan pada jenis kesehatan tertentu. Salah satunya ialah tentang mata, hipertensi, kanker dan lain sebagainya. Pilih yang menurut agan sangat minim pesaing.

#2. Pintar Mengatur Waktu
Musuh utama blogger ialah perasaan malas. Jika hal ini terjadi, maka tinggalkan dulu blog dan coba refresing dan lakukan hal-hal baru yang agan sukai. Bisa berlibur atau menyalurkan hobi yang lain. Jadi ane sih tinggal lari ke pelabuhan dan langsung mancing :D

Guna mengatur waktu agar terlihat lebih konsisten, agan bisa menjadwalkan waktu pengeposan, usahakan membayar hutang jika kemarin anda tidak post (tujuannya agar robot google tetep rajin berkunjung pada blog kita). Intinya setiap tanggal (hari ) pada bulan tersebut terpenuhi. Tapi agan tidak perlu mengeluh, sebab tips ini hanya berlaku 2 bulan saja, selanjutnya bisa dikurangi perlahan.

#3. Jangan Buat Artikel Abal-abal
Meski agan hanya berniat untuk menghilangkan jenuh, tapi usahakan membuat artikel dalam blog tersebut tidaklah main-main. Yang perlu ditanamkan ialah pemikiran tentang jangka panjang, usahakan sulit tergeser, dan buatlah artikel dengan kualitas super (menurut penilaian agan). Paling tidak, buatlah artikel yang lebih panjang dan enak dibaca.

3 Tips diatas hanyalah pilar saja, masih banyak lagi yang perlu diperhatikan sebelum blog anda benar-benar di publish. Seperti tampilan (template), dan lain sebagainya.

Apa Keuntungan Berternak Blog?
Pertanyaan ini membuat ane sedikit senyum, sebab tidak sedikit yang mengatakan bahwa dengan mempunyai banyak blog malah akan memecah fokus dan tidak memaksimalkan blog yang lain. Intinya blog yang lain akan terbengkalai. Sebenarnya pernyataan anda bisa ane tepis dengan tips nomer 2 diatas. Tergantung bagaimana kita memanagenya.

Sedangkan keuntungan utama ialah membuang jenuh, dijadikan backlink untuk blog utama dan yang paling menggiurkan ialah bisa dijual (asal ada visitor). 3 Manfaat ini yang selalu ane pikirkan, toh ane yakin bahwa usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia jika kita lebih kreatif. :D

6. buat blog dengan tema serupa sebanyak 30 blog...misalnya ente pilih tema adsense, untuk blog pertama buat dengan keyword apa itu adsense, selanjutnya blog kedua tips2 dan trick adsense, dst. bisa dilihat di google wonderwhell

7. ngelink antar blog. setiap blog harus saling ngelink atau pasang link di blog orang dengan blogwalking dan komentar 

8. pilih 5 diatara blogspot tadi yang paling rame, optimasikan dengan perbanyak lagi backlinknya. karena saya rasa google lebih menganggap blog kita ngetop apabila link kita ada dimana2 sehingga memiliki posisi bagus diSERP. saya lebih menyukai oneway backlink dengan cara comment dipost orang lain,ingat usahakan koment diblog yang innerppagenya ber PR jangan yang n/a. dan banyak2 berdoa karena apapun usaha yang kita lakukan tanpa kehendak NYA tidak akan berhasil!!!

1 hari kalo bisa buat 1 blog jadi sekitar 2 bulan peternakan kita bisa berhasil mencapai 50 blog.(konten minimal 10 perblog) 

Nb: kalo udah buat 1 blogspot dan diisi 10 content dalam 1 hari jangan langsung di daftarkan ke SE pada hari itu juga,sebaiknya besok atw lusa baru didaftarin...karna pengalaman saya(ini khusus saya lho nggk tau yg lainnya) saya sering mengalami spam blog kalo saya langsung daftarin nggk tau kenapa..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url