Pilih Komputer dan Printer untuk Kerja di Rumah


pilih printer untuk di rumah

Buat yang sudah lama atau baru belakangan ini bekerja di rumah (work from home), pasti ngerasa banget butuhnya perlengkapan kerja seperti Alat Tulis Kantor dan perlengkapannya. Begitu juga dengan alat-alat elektronik yang menunjang pekerjaan seperti laptop, printer, PC, atau lainnya yang dibutuhkan.

Dan ternyata sekarang yang membutuhkan gadget seperti ini bukan untuk kebutuhan kerjaan orang tua saja, tapi juga untuk anak-anak sekolah. Sejak era-nya school from home, kita jadi butuh banget printer buat ngeprint worksheet, materi sekolah atau tugas, butuh PC untuk sering nge-Zoom sekolah dan les, dan lain-lain you named it.

Maka nggak heran juga kalau literasi kita terhadap sejumlah alat elektronik makin meningkat. Kita nggak bingung lagi menyampaikan keinginan apa saja yang dibutuhkan dari sebuah peralatan penunjang. Mau laptop dengan spek apa, mau headset yang bagaimana; yang bikin kepala besar atau yang nyantol di kuping, mau PC yang langsing atau yang gendut, mau printer yang cukup nyetak atau sekalian foto kopi, kita sudah punya list spesifikasi kebutuhan kita.

Di antara perlengkapan kerja dan sekolah, saya pikir-pikir setidaknya kita punya dua barang ini di rumah supaya pekerjaannya lancar, yaitu PC (personal computer) dan printer. Tapi, dari sekian banyak pilihan tipe merek komputer terbaik dan merek printer paling bagus ini, mana sih yang rekomendasi?

Nah buat yang bingung, saya udah sempat memperkecil pilihan tipe PC dan printer dari HP Indonesia yang cocok untuk pemakaian di rumah. Dari segi bentuk juga tidak terlalu besar dan memakan tempat, tapi sudah sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan sekolah di rumah.

Rekomendasi PC Terbaik untuk Di Rumah

Karena ruangan di rumah relatif terbatas, maka kita perlu PC yang ringkas dan simpel, nggak memakan banyak tempat. Model PC dengan CPU yang besar seperti biasanya mungkin akan mempersempit ruang gerak, jadi mending pilih PC yang slim dan all in one seperti dua tipe PC dari HP Indonesia ini:

HP ProOne 400 G6 All In One PC


merek komputer terbaik
HP ProOne 400 G6

PC HP ProOne 400 G6 dengan desain stylish dan performa kencang sangat ideal untuk bantu tingkatkan produktivitas. Dibekali prosesor Intel Core generasi ke-10 yang lebih cepat dan efisien dari generasi sebelumnya.

PC ini juga punya bluetooth untuk memudahkan transfer data dengan cepat tanpa kabel. Dukungan HDD besar juga memungkinkan simpan banyak data di dalam PC. Dan SSD yang membuat performa lebih responsif dan lebih cepat.

Kemudian layar seluas 23.8 inci menampilkan konten dengan kualitas gambar tajam dan warna cerah. Cocok banget buat di rumah kan.

HP 200 G4 22 All In One PC

HP 200 G4 

Saya suka PC ini karena desainnya sederhana, ramping dengan layar mikro tepi tiga sisi. Keunggulannya jelas: prosesor kuat, memori yang besar dan cepat, serta drive yang cepat.

AIO ini menggunakan Prosesor Core i5 Generasi 10. Kemampuan utama dari laptop ini adalah dalam multitasking dan menjalankan sejumlah software dengan ukuran besar. Hal ini dikarenakan RAM 4 GB yang disematkan pada AIO ini. Kapasitas RAM yang cukup besar, membuat kemampuan multitasking menjadi lebih cepat.

Aaaaa, menyenangkan nggak sih. Bisa kerja sambil main game, eeaaa… bad habit bad habit.

PC ini juga dibekali dengan webcam pull up 5MP, sehingga bisa menangkap gambar dan video dengan detail dan kualitasnya sangat bagus. Webcam pull up berfungsi jika kamera berada di posisi atas. Zoomnya anti burek-burek deh!

Rekomendasi Printer untuk Di Rumah

Di samping PC, ada printer yang juga pelengkap kebutuhan bekerja di rumah. Meski era-nya paperless, tetap ada kebutuhan terhadap dokumen-dokumen fisik. Saat ini, rental komputer, warnet dan sejenisnya udah jarang ditemukan sehingga sebaiknya punya printer sendiri.

Printer HP Ink Tank 415 Wireless

Printer wireless pasti menyenangkan, karena kita jadi bisa melakukannya secara mobile dan terkoneksi ke berbagai gadget. Printer HP Ink Tank memungkinkan kita cetak ribuan halaman dengan lebih hemat. Bisa sampai 8.000 halaman (warna) atau 6.000 halaman (hitam). 

Untuk isiannya pakai tinta dengan botol tahan bocor dan sistem tangki unik HP yang membuat pengelolaan tinta jadi mudah. Dokumen cetak bertahan hingga 22 kali lebih lama, dan foto-foto warna-warni akan tetap hidup hingga beberapa dekade dengan hasil cetak yang anti-pudar dan tanpa batas.

Printer HP Laserjet M454nw

HP Laserjet 5454nw


Meski agak berat dan bulky, 20.7kg, tapi printer ini punya performa sempurna buat kecepatan mencetak. Printer yang memiliki teknologi laser memang dikenal dengan kecepatan cetak dan performa kerjanya yang tinggi. Gini ini bisa kita buka usaha print-printan atau percetakan, hehe.

Dengan kecepatan cetak tinggi yang dimiliki printer laserjet ini akan memudahkan bagi setiap penggunanya sekaligus dapat mengemat waktu pencetakan. Kecepatan cetak yang dimiliki printer HP laser ini hingga 27 ppm black/colour, artinya mempunyai kemampuan cetak hingga 27 halaman baik untuk dokumen hitam-putih maupun warna per menit.

Resolusi cetak yang ditawarkan printer HP laser ini detail banget hingga 600 x 600 dpi, dengan kecepatan prosessor hingga 1200 MHz.

Untuk kapasitas cetaknya maksimum per bulan sebanyak 50,000 halaman, namun volume cetak yang disarankan untuk perbulannya antara 750 hingga 4,000 halaman. Bisa cetak dengan fitur mobile printing lewat smartphone atau tablet dan WiFi.

Nah kalau yang WFH sekaligus kantor di rumah, wajib punya perlengkapan ini untuk melancarkan operasional pekerjaan. Biasanya sih kalau kantor bisa dapat perlengkapan kantor dari vendor mitra-mitra resmi merek peralatan elektronik seperti Meora Prima Solusindo.  
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 3 Februari 2022 18.05

    Ini printer mendukung kerjaan banget ya, akan menyenangkan sekali kalau printer bagus dan mudah diaplikasikan. Apalagi anak2 banyak belajar di rumah ngeprint tugas sekolah juga.

  • Risma Effendi
    Risma Effendi 24 Februari 2022 08.34

    Pengen deh nanti beli printer buat ngeprint worksheet anak, hehehe

Add Comment
comment url