Berenang Nyaman dengan Polite Swim

Meski kriterianya nggak beda jauh dengan baju renang pada umumnya, mesti diakui, memilih baju renang muslimah yang enakeun itu tricky banget. Karena selain nyaman bahannya, cuttingnya kudu pas biar nyaman dipake. 

Ada beberapa material bahan yang sering dipake untuk baju renang, antara lain nylon, spandex dan polyester. Dalam artikel "What is the Best Fabric for Making Swimwear?", dikatakan bahwa bahan yang paling baik untuk baju renang adalah 100% man-made fabric alias bahan buatan yang komposisinya terdiri dari nylon (80%-90%) dengan Lycra atau spandex (10%-20%). 


Dari sisi elastisitas, nylon punya elastisitas lebih baik dibanding bahan polyester, jadi tidak terasa terlalu ketat dan mudah dilepas saat basah (nggak nempel ke badan). Namun dari segi sun exposure resistant, polyester memiliki perlindungan yang lebih baik ketimbang nylon. 


Bahan polyester juga punya chlorine resistant yang lebih baik. No wonder, beberapa swimwear berbahan polyester biasanya dijual agak lebih mahal. 

Sejak seriusin berenang dari jaman SMA, udah pernah ngalamin pake beberapa model baju renang mulai model rok lipit pendek (karena berenangnya di kolam renang khusus cewek), model baju senam (legging panjang, atasan bikini), dan model dive suit (baju selam terusan panjang-panjang). Yang terakhir ini longlast sampai jaman hamil, karena tinggal pake ninja atau swimcap doang.

Seiring kematangan umur, ciyeh...mulai nggak pede lagi pake baju selam. Kok sana sini nonjol gitu yak, hiikz, maluuu. Padahal yaa kalaupun nyemplung, biasanya saat kolamnya bener-bener sepi  aja cuman ada 1-2 pengunjung selain kita. Sisanya biasanya saya cuman jadi tukang tunggu barang, nyiapin handuk, dan pakein baju anak-anak. Males bangeettt kalau nyemplung di kolam cendol. 

Lamaaa sekali nggak berenang, kok mupeng jugaa.. Apalagi badan mulai glambyar sana sini, sakit badan, jarang olahraga dan kurang gerak. Kuingin berenaaang, tapi pake baju apaaan.... 

Baju Renang Polite Swim

Udah lama sih benernya kepo-kepoin baju renang muslimah, yang ada rok dan kerudungnya gitu. Udah follow Polite Swim dari kapan tau, tertarik karena warnanya chic, bajunya longgar dan ada penutup dada, tapi tetep masih ragu... kaya gitu apa nggak bakal berat yaa?? 

Saya juga lirik brand lain juga yang menyediakan swimwear muslimah seperti Assila, Sporte, Noore dan Sulbi (boleh ceki-ceki brand ini untuk pertimbangan dan perbandingan). Harganya variatif, mulai 350k sampei 749k, tinggal pilih aja deh model baju renang muslimah apa yang diinginkan. 


Awalnya Polite ukuran paling kecilnya hanya ada sampai S. Tapi ukuran S ini masih serba kebesaran di badan saya. Jadi sudahlah pupus harapan punya Polite.


Tapiiiii, kalo jodoh emang nggak kemana...setelah bertahun-tahun pedekate, ngintip storiesnya Polite, dia akhirnya available size XS. Huik! Dikepoin lagi, sizenya muat! Ahh, berasa ditembak gebetan dong, dag dig dug. PO tidak, PO tidak. 

Pesan Baju Renang Polite Swim

Alur pemesanan di Polite Swim itu, dia based on Pre Order. Cara ordernya bisa lewat website Polite Swim, bisa juga lewat WA ke admin IG. Biasanya satu bulan sekali ada jadwal PO. Periode pemesanannya dua mingguan, dan akan ready dalam dua-tiga mingguan. Jadi lumayan lah, bisa mikir-mikir dulu sembari ngumpulin dananya :) 

Model dan size baju renang yang di-PO-kan juga nggak semuanya available, jadi nggak bisa pilih-pilih model yang lama kalau lagi nggak keluar modelnya. Nah kebetulan XS yang available saat itu adalah model Shark-Maroon Silver. Dua model lain yang di-PO-kan nggak ada size XS. Bisa sih kalo mau nunggu PO selanjutnya, tapi kan aku keburu pengen renang yaakk...keburu uangnya kepake juga, hehe. 


Paket datang dalam kemasan kantung plastik transparan, dilengkapi shopping bag hitam berlabel Polite Swim. Fancy banget sih menurut saya. Walau paketnya terasa berat dan bulky, tapi beratnya nggak lebih dari 1 kilo kok. 


Saya review satu per satu bagian yaaa. 

Hijab

Ada dua model pet yang tersedia, shark dan whale. Baru ngerasain yang shark sih, soalnya nggak pede sama bentuk muka. Tapi kayanya kalo mukanya cakep mah mau pake pet apa aja oke.   
baju renang polite swim
whale

baju renang muslimah
shark

Hijab ini mirip bentuknya kaya ninja, jadi ada yang ngawir sedada, lalu dimasukkan ke dalam baju renangnya biar ringkes. Ya bisa aja sih dikeluarin, tapi buat apa, kan sudah ada bolero yang nempel di baju renang. Lagipula biar nggak ngangkat-ngangkat gitu pas di air jadi menutup kepala rapat. 

Atasan 

swimwear muslimah
Bagian badan ini paling saya suka soalnya longgar menutup perut dan bokong, berasa pake tunik. Beberapa muslimah swimwear masih tetap membentuk badan, termasuk baju selam yang biasa saya pakai. Ini uaslliii, bikin nggak pede banget karena nyetak sana sini atas bawah. 

Ya bukan cuma alasan badan saya nggak bagus sih, tapi kan lebih aman dan nyaman ya kalo bajunya longgar gini. Bebas bergerak dan tetap covered. Bolero menutup dada attached langsung di bajunya, jadi nggak akan nyingsat dan ketika kita naik dari kolam auto rapi lagi tuh baju dan boleronya. 


Jangan salah, walau kelihatannya longgar dan berlapis, ini bahannya enteng karena terbuat dari nylon spandex. Saat kita ngangkat badan dari kolam, airnya nggak ngikut ke kain jadi nggak berat. Cepet banget kok, keringnya, cuman diangin-angin aja sambil makan mie goreng di pinggir kolam aja udah kering lagi. 

Nanti pas nyuci juga cukup dicelup-celup aja, nggak perlu dikucek dan di dry spin

Celana & kaos kaki 

Kalau kita biasa pakai legging atau celana renang yang ngepress dan membentuk paha sampe kaki, celananya Polite bentuknya macam celana alibaba. Longgar, tapi nggak kewer-kewer saat di air. Tetap bisa bergerak bebas dan ringan. 

Bagian bawah yang cropped bikin celana nggak tersingkap meski kita sedang posisi handstand (ngapain juga coba begini...), juga ada kancing yang menghubungkan celana dan baju sehingga saat berenang baju nggak akan tersingkap. Intinya sih, semua dibuat nyaman dan bebas bergerak tanpa khawatir. 




kaos kaki renang
Kaos kaki renang Polite Swim tersedia dalam berbagai ukuran sesuai ukuran kaki. Honestly agak ngambang gitu sih pas pake kaoskakinya, tapi untuk berenang di muka umum mah pake aja. Nggak licin karena bawahnya ada bintik-bintik karet gitu. 

Kekurangan Baju Renang Polite Swim

Minusnya, baju renang Polite Swim ini banyak aturan dari mulai pemakaian sampai care instruction hihihi. Jadi, pastikan sebelumnya baca bener-bener seluruh isi di dalam buku petunjuk. Mulai cara masangkan kancing di baju dan celana, pakai kerudung, dan petunjuk pencucian. 

Meski nggak berat saat basah, tetap aja dia bulky banget, makan tempat. Tapi tenang aja...doi cepet keringnya dan segera bisa dilipat. Meskipun dalam keadaan kering juga tetap gendut. 

Ada kesalahan yang saya perbuat waktu nyuci. Agak lama ngerendam di air, kelupaan. Jadinya warna agak sedikit luntur ke yang lebih muda. My bad, huhuhuhu. 


baju renang polite swim
ini real picnya yah..no model-model, asli chubby nya :))

baju renang muslimah

So far, enaakk banget berenang pake Polite Swim muslimah swimsuit. Aman dan nyaman. Kalo mau ganti-ganti hijabnya pakai yang lain juga bisa kok, nggak masalah.  

Bisa juga dipakai celananya aja untuk kegiatan outdoor basah-basahan, seperti rafting gitu. Enak cepat kering dan nggak berat. 


Baju renang Polite Swim punya saya masih awet dipakai sampai 3 tahun ini, dengan frekuensi berenang 1-2 kali sebulan di kolam umum. Bhay bhay profesi penunggu tas, kini mamak bisa ikutan nyemplung pakai baju berenang nyaman bersama kalian, wkwkwk... 

baju renang nyaman
paket lengkap swimsuit Polite Swim

Untuk set standar swimsuit (baju, celana, hijab) harganya sekitar 475.000 jika pesan saat PO (ini sudah termasuk diskon 10-15%). Kalau ready stock di web 525.000. Enaknya ikut PO, kita bisa rekues size. Sedangkan kaos kaki renang dijual terpisah seharga 36.000.

Baju renang muslimah anak-anak juga ada lho. Cek IG Polite Swim atau webnya. Ada dua model, Nemo dan Marlin. Lucu-lucu banget warna pink-grey gitu. 

Semoga yaaa... dengan punya baju renang yang mumpuni, saya lebih rajin lagi berolahraga sesuai niatan  yaitu seminggu sekali berenang. Biar langsing, eehhh. 

*updated : saya copy-kan sizechart yang ada di web yaa...biar nggak bolak balik.

Size Spec Baju
XSSMLXLXXL
Panjang Bahu353637383940
Panjang Tangan555657585959
Lingkar Dada88909498100104
Lingkar Pinggul92100104108112116
Panjang Baju778486909090
Size Spec Celana
XSSMLXLXXL
Lingkar Ban Karet Celana445052545656
Tinggi Belahan242424242424
Panjang Celana869595101101
Next Post Previous Post
44 Comments
  • Anonim
    Anonim 11 Agustus 2019 pukul 11.53

    saya jg udh tertarik pengen beli polite swim, tp masih bingung ukurannya ._. mau yg ukuran XS, tp takut kekecilan, klo ukuran S jg takutnya kegedean. secara saya ukurannya nanggung

    • Rella Sha
      Rella Sha 11 Agustus 2019 pukul 20.49

      Dilihat aja di size chartnya, kak..lengkap kok panjang celana, lingkar dada, panjang baju dsb. Aku juga S kegedean, tapi XS muat (asal nggak tambah gendut aja). Cobain, nyaman banget deh :)

  • Aldila Kun Condroweni
    Aldila Kun Condroweni 27 September 2019 pukul 11.20

    Wah XS aja agak gede yah.. Di web nya ada patokan buat ukurannya sesuai sama BB dan TB gak mbak? Soalnya kalo beli online kan susah ya gabisa coba2 hehe..

    • Rella Sha
      Rella Sha 27 September 2019 pukul 21.29

      Di web ada sizechartnya. Aku TB/BB 150/43. LD 88. itu muat XS kak, nggak kegedean.

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 28 September 2019 pukul 07.32

    Ahh jadi ingat pegen Beli baju rennag muslimah belum jadi jadi, hehe. Jadi males berenang deh, ups. Kalo Aku pribadi sukanya hijabnya dikeluarin mbaa hehe. Btw ada yang XS yah? Alhamdulillah sesuai nih sama aku

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 10.28

      yuhuu pasti mungil juga yah badannya. iya aku juga dulu males krn gak punya bajunya, hahaha

  • Annisa
    Annisa 29 September 2019 pukul 21.59

    Polite swim ini emang baju renang the best buat muslimah ya mbak. Nyaman dan tetep nutup aurat. Semenjak ada polite swim ini aku berenang juga jadi lebih nyantai dan nyaman. Gak khawatir sama terlalu ketat atau bahannya super enak.

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 10.29

      betuulll...nggak ragu lagi deh pas naik kolam juga nggak jiplak

  • Mellisa
    Mellisa 29 September 2019 pukul 22.00

    Aku senang lihat baju renangnya, longgar dan syar'i, pakai kaos kaki pula. Meskipun berenang, aurat kaki tetap harus kita jaga ya.

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 10.29

      iya, betul..warna-warnanya juga chic banget ya.

  • Fazirotul Firdaus
    Fazirotul Firdaus 30 September 2019 pukul 01.21

    Pilihan model swim wear nya bagus2 banget, aku baru tau kalo ada yang modelnya kayak gitu. Selama ini cuma tau yang polosan aja😂

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 10.49

      iyaaa, gemes sama warna-warnanya juga yaa....

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 30 September 2019 pukul 05.41

    Daku suka lihat model baju renang muslimah seperti itu kak, karena bajunya itu panjang model tunik. Jadinya kalau mau berenang bisa tetap dalam keadaan yang tidak memperlihatkan aurat. Pastinya yang isinya khusus akhwat semua yah

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 10.49

      iyak, betul kak Fenny. aman dan nyaman.

  • Wian
    Wian 30 September 2019 pukul 07.02

    Bagus ya mba modelnya. Udah gitu ada kaos kakinua juga. Biasanya kan klo renang, punggung kaki jadi menghitam

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 12.05

      hehehe, ini amaann...dari kepala sampe kaki :D

  • Alfa Kurnia
    Alfa Kurnia 30 September 2019 pukul 07.57

    Baru kali ini tahu ada baju renang pakai kaos kaki. Jadi lebih aman yaaa. Bisa nih untuk anak sulung saya yang lagi belajar pakai jilbab dan suka banget berenang.

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 12.07

      yuk atuh ibunya juga ikutan nyemplung, xixixi ;)

  • Renayku
    Renayku 30 September 2019 pukul 08.25

    Wah pas banget nih sama aku yang lagi cari baju renang karena baju renang yang ada udah lama banget jadi ga terlalu enak dipake.. Aku coba liat2 polite swim suit dulu deh di webnya.. thanks for your info ya kak :D

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 12.07

      sama-sama, kak...selamat berenang.

  • Niwanda
    Niwanda 30 September 2019 pukul 08.38

    Aku baru punya baju renang dua brand lain, udah lama penasaran sama Polite Swim ini tapi belum jadi-jadi belinya. Oh, atas bawah sistemnya kancing ya, Mba? Kalau mau ke toilet lebih praktis ya berarti. Yang aku punya, kalau mau ke toilet harus lepas keseluruhan bagian atas dulu baru bisa melepas celananya, lumayan ribet apalagi kalau keadaan basah nempel di baju.

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 12.06

      iyaa, atas bawah terpisah kok, pake kancing.

  • Ika Gifka
    Ika Gifka 30 September 2019 pukul 08.53

    Baru kali ini lihat baju renang muslimah yang complete plus kaus kaki. Aku mau kepoin ah, pas banget baju renang udah masanya harus sudah diganti sama yang baru

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 12.06

      asiikk hayuuu beli lagi yang baru ;)

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 30 September 2019 pukul 11.07

    baju renangnya bagus ya nggak ngetat, motifnya juga cantik-cantik.. jadi pengen nyobain tapi aku nggak bisa renang... hiks hiks hiks..

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 19.42

      cobain ajaa buat kecipak-kecipak hehe

  • April Hamsa | Author keluargahamsa.com
    April Hamsa | Author keluargahamsa.com 30 September 2019 pukul 17.12

    Aku kalau inget kaus kaki, dulu ada temen di temlen medsos yang agak nyinyir soal muslimah yang renang pakai kaus kaki, alhamdulillah skrng udah ada kaus kaki buat berenang khusus muslimah ya? Jd pengen beli nih sepaket dengan baju renangnya juga mbak :D
    TFS

    • Rella Sha
      Rella Sha 30 September 2019 pukul 19.41

      hehe sudah kuduga pasti banyak yg nyinyir, mau taat godaannya banyak banget ya kak. iyaa ini enak kok kaos kakinya, nggak licin atau gatel.

  • Busy Weekenders
    Busy Weekenders 30 September 2019 pukul 21.47

    APPPAAHH ADA YANG XS???? Terkejut akunyaaaa!! Ini ukuran minimalis tapi susyeeeh banget nyarinya yekaaan mbaaak.. Ikutan PO juga ah wkwkwkw...

  • Herva Yulyanti
    Herva Yulyanti 30 September 2019 pukul 21.57

    cakep banget mba syaang nih telat aku bacanya aku beli merk lain ga banget masih keliatan wkwkwk apalagi ga ada kaos kakinya jadi pengen beli ini juga

  • Faradila Putri
    Faradila Putri 1 Oktober 2019 pukul 07.09

    Wah asik ada reviewnya Polite Swim. Aku pengen punya 2 baju renang muslim nih. Baru punya satu jadi ga bisa gonta ganti huhu. Makasih reviewnya mbak :)

  • Bundasheena
    Bundasheena 10 Oktober 2019 pukul 17.06

    Pas bener lagi cari baju renang muslim.. Cuma galau sama ukuran klo beli onlen.. Utk patokan size xs apa biasa beli baju size xs juga kah?

  • Bundasheena
    Bundasheena 10 Oktober 2019 pukul 17.07

    Pas bener lagi cari baruj renang muslimah cuma bingung patokan sizenya.. Khawatir kebesaran. Utk patokan beli size xs apa biasa pke baju xs?

  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina 3 Juli 2021 pukul 22.40

    Mbak, aku klo renang gak pernah pake kaos kaki. Hehe.. Biasanya nyeker aja. Nah licin gak sih pake kaos gitu di dalam air?

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 Juli 2021 pukul 12.20

      Nggak licin, kan ada titik-titik karetnya...

  • Eka FL
    Eka FL 5 Juli 2021 pukul 23.35

    agak susah ya buat muslimah kalo mau renang, paling pake legging sama kaos tangan panjang, gak stylish banget ya. eh sekarang ada produk plite swim nih buat muslimah, duh aku mauuu, biar renang juga bisa stylish

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 11 Juli 2021 pukul 08.37

    Aku gak bisa renang mba jarang beli baju renang tapi ngeliat ini kok bagus sekali jadi pengen punya juga. Nugu pandemi kelar baru bisa renang lagi ya dengan bebas

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 12 Juli 2021 pukul 19.43

    Weeess, mantap..
    Mau berenang pun jadi nyaman yaa, nggak bikin risih dan takut baju yg kita pakai bakalan ngepas..
    Aku suka nih sama kaus kakinya, hehehhe

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 15 Juli 2021 pukul 22.03

    Saya sampe saat ini gak pandai berenang. Tapi selalu suka lihat orang yang pakai baju renang

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 19 Juli 2021 pukul 21.58

    Keren ih baju renangnya. Jarang yang selonggar ini celananya. Ada temen yang jualan bahan spandex, menurutku celananya skinny banget. Dulu juga pernah jualin baju renang punya teman, lupa bahan apa. ada teman kos yang beli, dia bilang jilbabnya nyingkap2 meskipun sudah dilengkapi topi renang di luar jilbab.
    yang polite swim ini bagus konsepnya karena ada bolero nyambung ke baju

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 20 Juli 2021 pukul 14.35

    iya ya mbak. aku juga selalu risihnya gitu. Kalau olahraga pake baju olahraga untuk lari dan renang misalkan, itu udah malas duluan karena kostumnya yang bulky dan bikin sana sini menonjol. memang cutting juga perlu banget diperhatikan dalam membuat baju olahraga untuk muslimah ini.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 23 Juli 2021 pukul 19.54

    wah nyaman banget kayanya nih :) jd pede ya berenang di tempat umum hehe...

  • Nesya
    Nesya 12 Desember 2021 pukul 19.29

    Kak...baju merk ini berat gak ya saat dipakai renang? Syaa beli baju renang muslimah yg boleronya nyampung nutup dada...dan baju itu atas bawah nyambung ...tapi saat dipakai renang berat banget..jd gerak renangnya jg ngos2an

    • Rella Sha
      Rella Sha 12 Desember 2021 pukul 19.59

      Halooo, yang kamu beli merek yang sama kah? Punyaku sama sekali nggak berat saat dipakai berenang, begitu naik dari air juga cepat kering jadi nggak bawa beban saat jalan.

Add Comment
comment url